Imam Masjidil Haram Syaikh As-Sudais Ngepel di Masjid Nabawi

Imam Masjidil Haram Syaikh As-Sudais Ngepel di Masjid Nabawi

Beberapa saat sebelum meninggalkan Madinah Al-Munawwarah, Syaikh Abdurrahman As-Sudais, Imam Masjidil Haram, mengendarai salah satu kendaraan kebersihan. Beliau lalu berkeliling dan membersihkan latar Masjidil Nabawi.

Seperti dilaporkan burnews.com, Kamis (26/2/2015), tindakan imam, yang juga kepala umum urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, ini mendapatkan apresiasi dari para peziarah Masjid Nabawi yang menyaksikan saat itu.

Salah seorang petugas kebersihan Masjid Nabawi dikejutkan Syaikh Sudais yang meminta turun dari mobilnya, lalu ganti menyetir salah satu kendaraan kebersihan. Beliau berkeliling halaman masjid, dan membersihkan selama sekitar 10 menit.

Tidak hanya itu, imam yang tilawah Al-Qurannya sangat akrab di telinga umat Islam seluruh dunia ini, juga menyempatkan diri bercakap-cakap dengan para pekerja kebersihan. Terlihat beliau berterima kasih kepada mereka. Beliau memberikan motivasi bahwa pekerjaan mereka adalah sebuah kehormatan, di bagian mana pun tugasnya. Setelah selesai, beliau mengembalikan lagi kendaraan kebersihan itu kepada sopir aslinya.

Adzan Ditengah Penyambutan Obama

Adzan di tengah penyambutan Obama

Presiden AS Barack Obama memimpin sebuah delegasi legislator, pejabat senior dan dua mantan menteri luar negeri AS ke Arab Saudi, hari Selasa (27/1), untuk menyampaikan penghormatan dan belasungkawa kepada keluarga kerajaan, menyusul wafatnya Raja Abdullah.
Kedatangan Presiden America Barack Obama dan ibu negara Michelle Obama serta rombongan disambut raja baru Saudi, Salman bin Abdul-Aziz Al Saud setibanya di bandara Internasional King Khalid di Riyadh, Arab Saudi.
Di tengah seremonial penyambutan kenegaraan ini, ada kejadian yang sangat menarik. Ketika Adzan Ashar berkumandang Raja menghentikan protokoler penyambutan dan meminta izin pada tamu (Obama) untuk menunaikan shalat terlebih dahulu. Kejadian tersebut disaksikan jutaan rakyat melalui siaran televisi secara langsung. Obama sempet bengong ditinggal tuan rumah.
Peristiwa tersebut memunculkan komentar positif dengan perasaan bangga dan hormat karena menempatkan shalat dalam prioritasnya.
Anggota dewan fatwa provinsi Qashim Dr Kholid al-Mushlih mengatakan : “Bahwa apa yang dilakukan oleh pelayan dua tanah suci Raja Salman bin Abdulaziz hari ini dengan mengutamakan shalat dan melaksanakannya di tengah-tengah kunjungan Presiden Amerika Serikat Barack Obama merupakan bukti rasa hormat terhadap hukum Islam dalam segala situasi”.
Beliau juga menjelaskan bahwa sikap Raja Salman memberikan pesan kepada semua, bahwa hak Allah berada diatas hak apapun dan siapapun, dan sikap ini memberikan jaminan dan ketenangan bahwa pemimpin kami sangat perhatian terhadap syariat islam walaupun dalam kondisi dan keadaan apapun.

Waspadai Candu Duniawi

Waspadai Candu Duniawi

CANDU adalah sesuatu yang membuat ketagihan. Namun, bahaya candu adalah yang bersifat dunia. Yakni candu bila dipuji, candu bila dihormati dan candu untuk dikagumi.


Saudaraku, manusia yang sudah kecanduan perlakuan dunia seperti itu. Hatinya akan merasa kurang senang bila tidak diperlakukan sebagaimana yang diinginkannya. Banyak contoh candu yang dapat mengotori hati, seperti candu ingin difoto, candu pencitraan, candu diwawancarai, candu didokumentasikan dan candu-candu dunia lainnya.


Bila ustad atau ulama memiliki candu seperti itu, maka ia tidak akan tenang hidupnya. Mereka akan sibuk menarik perhatian makhluk untuk candu yang ada pada dirinya. Tidak senang bila diperlakukan biasa-biasa saja. Tidak suka bila tidak ada yang memperhatikan. Maka, dia akan sibuk mencari perhatian dunia.


Manusia yang sudah kecanduan dunia akan terus ingin diperhatikan oleh mahluk. Ia lupa kepada Allah yang Mahamelihat. Ia akan sibuk kepada dirinya sendiri, mulai dari penampilan dan sikap untuk mendapatkan perhatian makhluk, ingin disambut bila datang, dijamu, dan disalami tangannya. Dengan perlakuan seperti itu, ia akan merasa bangga dan senang. Itulah bahaya candu yang sudah tertanam dalam diri manusia yang haus akan perhatian makhluk.


Berbeda halnya dengan manusia yang candu karena AllahSWT. Ia akan terus ketagihan dalam ibadah, dan mendekatkan diri kepada-Nya. Manusia yang sudah kecanduan ibadah karena Allah akan merasa tenang hidupnya.


Cukuplah Allah baginya. Hanya Allah yang menjadi tujuan hidupnya. Apapun yang dilakukan, bukan mengharap perrhatian dan pujian dari makhluk, namun Allah sebagai tempat akhir dalam amalannya. Semoga kita terhindar dari candu yang memabukan dan melenakan terhadap dunia.

Pasar Pusat Oleh-oleh di Balikpapan Terbakar

Pasar Pusat Oleh-oleh di Balikpapan Terbakar, 135 Kios Ludes

 Selasa, 6 Januari 2015 | 12:20 WIB

Sedikitnya 135 ruko di pusat cinderamata Pasar Inpres Kebun Sayur di Balikpapan ludes terbakar. Kerugian mencapai ratusan miliar Rupiah.

 

Kebakaran menghanguskan sekitar 135 kios dalam Pasar Inpres Kebun Sayur di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (6/1/2015) sekitar pukul 06.00. Ribuan jenis kerajinan, baik batik kalimantan, makanan, ukir dan besi, hingga batu permata kalimantan ludes dalam kebakaran ini. Jumlah kerugian belum bisa diperkirakan.


"Kebakaran seperti ini tidak lagi bisa dihitung. Satu kios saja bisa lebih satu miliar rupiah. Semuanya bisa jadi ratusan miliar," kata Ketua Kelompok Pedagang Kebun Sayur Muhammad Amin.

 

Api diketahui muncul selepas subuh setelah para warga pulang dari menjaga pusat oleh-oleh ini. Beberapa warga mengatakan, awal kebakaran terjadi di kisaran Blok A.
Api cepat merambat meski saat itu Balikpapan tengah diguyur hujan gerimis ringan. Hampir semua pemilik kios tidak sempat menyelamatkan isi dagangan dari dalam kios mereka.

 

"Dua kios istri saya habis terbakar. Satu selamat tidak terbakar. Kerugian dua kios ini saja bisa sampai tiga miliar rupiah," kata Amin.
Sementara itu, pedagang lain dari Blok A, bernama Indra, juga tidak berhasil menyelamatkan semua barang dagangannya. Dia bersama istrinya memajang kain batik hingga kaus dalam ruko berukur 3 x 3 meter persegi itu. Saat tiba di ruko, dia mendapati kiosnya sudah hangus terbakar. "Isinya saja bisa ratusan juta. Tidak ada yang selamat," kata Indra.


Kebun Sayur merupakan salah satu ikon pusat belanja suvenir dan cendera mata di Balikpapan. Pasar ini menjadi terkenal lantaran berisi ribuan jenis kerajinan, seperti kain batik dari berbagai kabupaten dan kota di Kaltim, sarung samarinda, batu permata dari Kalimantan Selatan, ukiran kayu, anyaman rotan hingga serat kayu, sampai cendera mata seperti mandau atau pedang khas suku Dayak.


Terdapat pula produk makanan, seperti amplang hingga beragam jenis dodol. Semua barang ini didatangkan dari berbagai daerah di seluruh Kaltim. Pelancong hingga tamu yang datang atau melintasi Balikpapan sering kali tidak melewatkan kesempatan belanja berbagai kerajinan untuk oleh-oleh di pasar ini.

Syaikh Yusuf Qardhawi Sampaikan Belasungkawa Musibah AirAsia

Syaikh Yusuf Qardhawi, ketua Persatuan Ulama Muslim Internasional, menyampaikan belasungkawa kepada pemerintah Indonesia atas musibah jatuhnya pesawat Air Asia QZ8501 penerbangan Surabaya-Singapore, yang sebagian besar penumpangnya merupakan warga negara Indonesia. Dalam suratnya yang ditujukan kepada presiden Indonesia Joko Widodo, Yusuf Qardhawi ikut mendoakan para korban agar diberi kelapangan dan ampunan oleh Allah subhanahu wata'ala.
Berikut teks surat Syaikh Yusuf Qardhawi kepada Presiden Jokowi, yang juga dimuat di situs qaradawi.net:

Yang mulia, Joko Widodo, semoga Allah senantiasa menjaganya
Presiden Republik Indonesia
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Semoga pemerintah dan rakyat Indonesia selalu dalam kebaikan dan keselamatan untuk agama dan dunianya.
Kami menerima kabar tentang jatuhnya pesawat Malaysia dari maskapai penerbangan Air Asia, disebabkan cuaca buruk ketika melintas di udara Indonesia, yang mana sebagian besar penumpangnya merupakan warga negara Indonesia.
Dengan ini, atas nama pribadi juga atas nama persatuan ulama muslim internasional saya sampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada pemerintah dan rakyat Indonesia, untuk saudara kita yang ikut menjadi korban pesawat nahas Air Asia. Semoga Allah melimpahkan kasih sayang Nya kepada para korban, diberikan ampunan dan ditempatkan ditempat terbaik di sisi Nya.
Dan semoga Allah juga memberikan ketenangan dan ketabahan bagi keluarga yang ditinggal, dan mengganjar mereka dengan pahala dan kebaikan. Saya mendoakan, semoga Allah selalu melimpahkan kebaikan bagi bangsa Indonesia, selalu dalam pertolongan dan penjagaan Nya, menguatkan dengan tentara Nya, membimbing bangsa Indonesia menuju bangsa yang maju.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakutuh